Get me outta here!

Monday, April 17, 2017

Tanda-tanda Bahaya Dalam Kehamilan

Tanda-tanda Bahaya Dalam Kehamilan 


1. Pendarahan
Pendarahan adalah salah satu tanda bahaya pada kehamilan yang harus Anda waspadai. Umumnya pendarahan biasa terjadi pada masa awal kehamilan atau di trimester pertama kehamilan. Pendarahan dengan jumlah sedikit di awal kehamilan sering dianggap normal.
Akan tetapi akan berbeda kasusnya apabila pendarahan yang terjadi tergolong banyak dan darah yang keluar berwarna merah segar. Apalagi ditambah dengan rasa nyeri yang sangat hebat di bagian rahim Anda.
Bila ini terjadi pada Anda, segera periksakan kandungan Anda ke dokter spesialis kandungan.

2. Sakit kepala

Tanda bahaya kehamilan lainnya yang perlu Anda waspadai adalah sakit kepala yang sangat hebat. Sakit kepala adalah tanda bahwa ada suatu hal serius dengan kondisi kehamilan Anda.
Berbeda dengan gejala sakit kepala biasa yang bisa hilang setelah Anda beristirahat. Sakit kepala yang statis pada ibu hamil dianggap membahayakan bagi ibu dan janinnya.
Apalagi disertai dengan munculnya gangguan penglihatan. Penglihatan akan menjadi kurnag jelas alias kabur dan berbayang. Segera periksakan diri Anda ke dokter kandungan apabila gejala ini menyerang Anda.

3. Pandangan/ penglihatan kabur dan berbayang

Penglihatan yang kabur dan berbayang adalah efek dari sakit kepala statis pada wanita hamil. Gejala ini juga dianggap sebagai salah satu tanda bahaya pada kehamilan karena ini adalah pertanda bahwa ada sesuatu yang serius dengan kehamilan Anda.

5. Rasa nyeri yang sangat hebat di bagian perut

Tanda bahaya pada kehamilan selanjutnya yang perlu Anda waspadai adalah sakit atau nyeri yang sangat hebat di bagian perut Anda. Gejala nyeri atau sakit di bagian perut saat hamil dikatakan berbahaya apabila tidak kunjung hilang meski sudah beristirahat selama beberapa waktu.
Sakit atau nyeri yang dirasa sangat mirip dengan rasa sakit saat persalinan pretern, kehamilan ektopik, appendicitis, aborsi, nyeri karena radang panggul, gastritis, infeksi saluran kemih, dan nyeri karena penyakit kantong empedu.

6. Bengkak pada wajah dan tangan

Bengkak di bagian wajah dan tangan saat hamil bukanlah sesuatu yang normal. Bengkak di kedua bagian tubuh ini bisa menjadi sebuah indikasi serius untuk kehamilan Anda.
Jika bengkak di area wajah dan tangan tak hilang juga meski sudah beristirahat dengan cukup, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter. Umumnya gejala bengkak di area wajah dan tangan ini akan disertai dengan beberapa gejala fisik lainnya.

7. Tidak adanya pergerakan bayi di dalam perut

Tahukah Anda janin dalam kandungan akan mulai aktif bergerak sejak usia kehamilan 5 hingga 6 bulan. Namun jika di bulan ke-5 atau ke-6 kehamilan Anda tidak merasakan pergerakan apa-apa dari dalam rahim Anda, bisa saja Anda mengalami kehamilan yang disebut kehamilan patologik.
Agar Anda mengetahui secara pasti apa yang terjadi dengan kehamilan Anda, sebaiknya periksakan kandungan Anda ke dokter spesialis kandungan.


0 comments:

Post a Comment